NURUL

Minggu, 25 Mei 2014

tugas bahasa indonesia curriculum vitae



Curriculum Vitae (CV)
·         Pengertian Curriculum Vitae (CV
Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup sering juga disebut Resume. Saat Anda melamar pekerjaan sangat identik dengan CV yang efektif. Penulisan CV merupakan cermin diri dari sang pemilik CV, apa yang Anda tulis di dalam CV tersebut maka orang lain dapat melihat dan menilai diri Anda. Karena itu CV yang baik dapat mengantarkan Anda menuju kesuksesan. Hal yang cukup penting untuk diingat yaitu bahwa CV yang baik akan selalu memikat perhatian perusahaan yang dilamar. Dari CV akan tergambar bagaimana sosok pemilik CV tersebut, misalnya memiliki motivasi kerja, kepribadian, keaktifan, pengalaman, keterampilan dan keluasan minat. Berikut beberapa tips agar perusahaan mau melirik CV Anda.


      Manfaat vitae
Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas menggambarkan siapa diri Anda, apa yang telah Anda lakukan di masa lalu, apa relevansi pengalaman Anda terhadap pekerjaan yang sedang dilamar, serta apakah Anda orang yang tepat atau tidak untuk dipilih diantara kandidat lainnya. CV yang baik akan mampu menjelaskan siapa orang di balik CV tersebut. Siapapun yang membaca bahkan bisa membayangkan dengan baik diri sang pembuat CV sebelum bertemu langsung secara fisik.
Dengan demikian, CV merupakan personifikasi diri dalam beberapa lembar tulisan. CV yang baik akan mampu menjelaskan siapa orang di balik CV tersebut. Siapapun yang membaca bahkan bisa membayangkan dengan baik diri sang pembuat CV sebelum bertemu langsung secara fisik.


-          Isi vitae
      seecara umum, Curriculum Vitae berisi mengenai data :
1.       Nama dan Alamat
2.       Tanggal lahir
3.       Agama
4.       Status perkawinan
5.       Riwayat sekolah
6.       Kemampuan
7.       Pengalaman bekerja
8.       Foto

Sumber :


  • Cara Dan Contoh Membuat Curriculum Vitae
-Urutan Penulisan Curriculum Vitae (Resume, Daftar Riwayat Hidup)
1. Identitas (Data Pribadi)
Cantumkan identitas anda dengan jelas, seperti : Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat Badan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta email (bila ada). Khusus untuk email, sebaiknya anda memilikinya. Jika tidak memilikinya, anda dapat membuat alamat email di Gmail, Yahoo, atau Hotmail atau yang lainnya.

2. Pendidikan
Cantumkan pendidikan formal dan pelatihan / kursus yang pernah anda ikuti, lengkap dengan tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya. Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian pendidikan non formal ( pelatihan, kursus, dsb ).

3. Kemampuan
Uraikan secara singkat kemampuan anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Misalkan anda melamar kerja di bidang akuntansi, maka jelaskan secara singkat bahwa anda memahami akuntansi dan administrasi, sistem perpajakan, biasa bekerja menggunakan komputer. Tentu saja kemampuan - kemampuan yang anda tulis atau cantumkan tersebut harus benar - benar anda miliki. Jangan mencantumkan kemampuan yang tidak anda miliki.

4. Pengalaman kerja
Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap dengan pangkat, jabatannya, jenis pekerjaan, prestasi ( bila ada ), tanggung jawab dan wewenang pekerjaan. Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai menempati dan mengakhiri posisi tersebut. Urutannya dimulai dari pekerjaan ( atau jabatan atau posisi ) terakhir.

5. Pengalaman Organisasi ( bila ada )
Cantumkan pengalaman organisasi yang relevan ( sesuai atau berhubungan ) dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 5 ini.

6. Referensi Kerja ( bila ada )
Bila memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi lamaran kerja untuk menanyakan hal - hal penting seputar diri anda ( biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya ).

Penting : Dalam hal pencantuman nama orang yang akan dijadikan referensi, anda harus sangat yakin bahwa orang tersebut benar - benar mengetahui tentang anda serta akan memberikan informasi positif mengenai diri anda. Seandainya anda ragu - ragu bahwa orang tersebut akan memberikan informasi positif tentang anda, maka anda tidak perlu mencantumkan referensi kerja tersebut ( lewati saja yang nomor 6 ini ).

7. Pengalaman lain yang menunjang ( bila ada )
Cantumkan pengalaman lain yang menunjang “promosi anda”. Dan sebaiknya yang relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Jika anda melamar untuk posisi pemrogram komputer, maka pengalaman anda sebagai Ketua RW atau juara bulutangkis, tentunya tidak relevan. Jadi bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 7 ini.

B. Kertas, Huruf, Foto, Dokumen Pendukung
1. Gunakan kertas putih polos
CV hendaknya polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar). Sebaiknya jangan menggunakan form CV yang dijual di toko - toko.

2. Diketik dengan huruf standar surat resmi
CV jangan ditulis tangan, namun diketik. Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), contohnya font jenis Arial atau Times New Roman.

3. Foto terbaru
Lampirkan pas foto terbaru ukuran 3×4 atau 4×6. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi ( misalkan jas lengkap dengan dasi ).

4. Dokumen pendukung
Lampirkan dokumen atau bukti - bukti tentang hal - hal yang dituliskan dalam CV ( resume ), seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat atau penghargaan, dsb ( dokumen pendukung tersebut dalam bentuk photocopy ).
Agar dokumen pendukung yang dilampirkan tidak terlalu banyak, sebaiknya anda menyeleksi / menyortir dokumen mana yang paling penting dan relevan untuk dilampirkan.

Penting : Bila transkrip nilai anda tidak bagus, maka anda tidak perlu melampirkannya. Karena CV atau resume tersebut merupakan promosi diri anda. Namun, seandainya perusahaan penerima kerja meminta atau mensyaratkan untuk melampirkan transkrip nilai, barulah anda terpaksa melampirkannya. Sebaliknya jika transkrip nilainya bagus, anda justru harus melampirkannya.

.
Bahasa Penulisan
Pastikan bahwa Anda tahu tentang perusahaan yang Anda lamar dan gunakan bahasa inggris untuk penulisan CV bagi perusahaan asing atau perusahaan ternama yang berbasis di kota besar, pastikan CV di tulis dengan benar dengan tata bahasa yang semestinya dan sopan sehingga dapat menimbulkan kesan positif bagi si penerima CV.
Berikan informasi lengkap
Berikan informasi detail mengenai diri Anda dan tidak bertele-tele. Cantumkan jika Anda memiliki keterampilan dan minat yang Anda kuasai karena hal tersebut akan menjadi nilai tambah buat Anda. Cantumkan juga pengalaman kerja bagi yang sudah pernah bekerja. Mencakup data tahun bekerja, nama dan lokasi perusahaan, jabatan, dan job description setiap pekerjaan. Susunlah dengan runtut dari tahun pekerjaan yang paling lama sampai dengan pekerjaan yang paling baru. Karena pengalaman kerja merupakan salah satu hal penting yang diperhatikan. Jika Anda memiliki masa kerja yang hanya sebentar dibeberapa perusahaan, siapkan alasan yang baik mengapa Anda berhenti bekerja. Karena perusahaan akan sangat mempertimbangkan jika Anda memiliki ,track record yang singkat di beberapa perusahaan.
Hal yang harus di ingat adalah bahwa CV yang baik akan membuat Anda lebih mudah dalam memperoleh pekerjaan, oleh karena itu buatlah CV yang menggambarkan sosok diri Anda sebagai yang terbaik.

Contoh CV (Curicculum Vitae) dan Kumpulan Contoh CV Terbaru 2011
Berikut ini adalah beberapa contoh CV :

  1. Contoh CV untuk Publishing
DATA PRIBADI
Nama : Arianto Tendy
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 8 Januari 1975
Jenis kelamin : Laki-laki
Status : Menikah
Agama: Hindu
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat: Jl. Kebon Jeruk IX No.15 Jakarta Barat 17355
Telepon : (021) 5846789, 08170954554
e-mail : limano15@yahoo.co.id

Ringkasan:
Manajer Sirkulasi yang berpengalaman menangani sirkulasi untuk penerbitan media massa dalam bidang perdagangan, bisnis dan konsumen. Pengalaman sebagai manajer sirkulasi mencakup semua bidang yang berhubungan, seperti strategi promosi, penjualan melalui agen dan kios, serta penjualan langsung di wilayah Jabotabek.

Pengalaman Kerja:

PT. Tutur Tinular Press, Jakarta (9/97- saat ini)
Senior Manajer Sirkulasi. Sekaligus menjabat sebagai anggota Badan Manajemen Perencanaan. Bertanggung jawab atas usulan, pengembangan dan penerapan semua program yang berhubungan dengan sirkulasi.

PT. Majalah Kita, Jakarta (1/94-8/97)
Asisten Manajer Sirkulasi. Bertanggung jawab atas semua bidang yang berhubungan dengan sirkulasi dan anggarannya, seperti promosi, penjualan langsung, koordinasi dengan agen-agen penjualan besar di Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

Pendidikan:
Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’, Jakarta (1990-1992)
Akademi Manajamen Perusahaan (AMP), Jakarta (1982-1985)

Kursus:
Desain Grafis di Astra Graphica Learning Center, Jakarta (1994)

  1. Contoh CV untuk Manajer Pemasaran

DATA PRIBADI
Nama : Dwi Susanti
Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 18 Januari 1973
Jenis kelamin: Perempuan
Status : Menikah
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Kebon Jeruk X No.75 Jakarta Barat 17345
Telepon : (021) 5846887, 08170957556
e-mail : dwisusanti@yahoo.com

BIDANG KEAHLIAN
Manajer Pemasaran

PENGALAMAN KERJA
2002–Saat ini PT. BCG Battery Bekasi, Jawa Barat

National Sales Manager
* Meningkatkan penjualan sebesar 50% dari Rp 400 milyar menjadi Rp 850 milyar.
* Meningkatkan penjualan per distributor sebesar 50%.
* Membuka wilayah pemasaran baru di Indonesia bagian timur yang memberikan kontribusi
terhadap kenaikan penjualan nasional sebesar 20%.

District Sales Manager
* Meningkatkan penjualan wilayah Jabotabek dari Rp 250 milyar per tahun menjadi Rp 350
milyar per tahun.
* Mengkoordinir 250 agen distributor di wilayah Jabotabek.
* Implementasi kursus dan pelatihan mengenai teknik dan strategi menjual yang efektif bagi karyawan baru, yang terbukti dapat meningkatkan penjualan secara lebih cepat.

PENDIDIKAN
1992–1997 STIE YKPN Yogyakarta
Sarjana Ekonomi, jurusan Management Pemasaran, lulus tahun 1997 dengan IPK 3.32.

KURSUS DAN PELATIHAN
2002 EXECUTIVE TRAINING CENTER Jakarta
Effective Seling Strategy
1997 GAJAH MADA KOMPUTER Yogyakarta
Aplikasi Komputer Untuk Bisnis

HOBY
Travelling, olah raga, membaca, internet.

Sumber :
Google.com
Wikipedia.com
http://winarti135.blogspot.com/2011/05/pengertian-curriculum-vitae-dan.html

soal- soal
1. Curriculum Vitae (CV) disebut juga
a. daftar riwayat hidup *                      b. Ringkasan
c. surat lamaran                                     d. Surat formal
2. Penulisan CV merupakan cermin diri dari...
 a. perusahaan                                        b.sang penulis lamaran*
c. organisasi                                           d. Kepribadian
3. isi dari cv adalah ..., kecuali
a.Nama dan Alamat                  b.Tanggal lahir
c.   Agama                                 d. Golongan darah *

4. CV di tulis dengan benar dengan tata bahasa yang semestinya dan sopan sehingga ....
a. dapat menimbulkan kesan positif bagi si penerima CV. *
b.dapat menimbulkan kesan biasa saja bagi si penerima CV
c. dapat menimbulkan kesan simpatik  bagi si penerima CV
d. dapat menimbulkan kesan iba bagi si penerima CV

5.Urutan Penulisan Curriculum Vitae (Resume, Daftar Riwayat Hidup) adalah.. kecuali
a. identitas                                 b. Pendidikan
c. golongan darah*                    d. Pengalaman kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar